ATA INDONESIA
 
 
 
 Channel Link ID  Password    
Ingin menjadi member Channel Link ATA CLUB? Daftar di sini | Lupa Password
   
     
 
 
 

Kode Etik Member
 

Channel Link ATA CLUB
 


                                                                   

BAB I

PENDAHULUAN

 

Kode Etik Member Channel Link ATA Club adalah suatu rangkaian ketentuan yang harus menjadi pedoman bagi setiap orang yang menjadi Member (anggota) Channel Link dalam mengembangkan bisnis ATA Club melalui sistem Member Get Member.

Ketentuan-ketentuan ini juga dimaksudkan untuk melindungi serta menjaga keharmonisan para Member Channel Link dalam menjalankan aktivitasnya sehingga akan terbentuk Member Channel Link yang mandiri sesuai dengan misi dan falsafah ATA Club. Untuk itu setiap Member Channel Link wajib untuk mematuhi ketentuan-ketentuan didalam Kode Etik ini.

Kode Etik ini bertujuan untuk memberikan kepuasan serta perlindungan kepada para Member Channel Link didalam mengembangkan bisnis ini serta meningkatkan citra umum perusahaan dalam ruang lingkup kegiatan Member Get Member  pada khususnya dan industri direct selling pada umumnya. Guna mendukung kegiatan bisnis kepada para Member Channel Link, maka perusahaan memberikan kebebasan mengembangkan bisnis ini kepada siapa saja tanpa ada perbedaan satu sama lain serta menjunjung tinggi hak para Member Channel Link sepanjang tidak bertentangan dan tidak melanggar ketentuan-ketentuan serta peraturan-peraturan, baik dalam kode etik ini maupun perundangan umum lainnya yang berlaku.

Hubungan antara Member Channel Link dengan perusahaan adalah sabagai kemitraan dalam memasarkan produk jasa pemasaran on-line yang terjalin melalui perjanjian yang tersirat dalam persyaratan serta tuntutan yang telah ditetapkan.

Independensi dimaksudkan untuk mendukung kebebasan berbisnis para Member Channel Link ATA Indonesia dalam mengembangkan usaha dan dalam kebebasan usaha sepanjang aktivitasnya tidak mempengaruhi atau menimbulkan ketidak harmonisan serta keresahan diantara para Member  Channel Link, Upline dan Leader.

Guna melindungi maksud dan tujuan dari pada Marketing system maka perusahaan mempunyai hak penuh untuk merubah, memperbaharui, ataupun menambah serta menghapus semua atau sebagian dari pada ketentuan ini.

 

BAB II

DEFINISI

 

Untuk menyamakan pengertian dalam rangka memahami ketentuan-ketentuan ini maka dipandang perlu untuk penjelasan beberapa istilah dan pengertian digunakan dalam ketentuan-ketentuan kode etik ini.

Yang dimaksud dengan,

II.01 Perusahaan: adalah PT. Anugerah Tetap Abadi (ATA Club) suatu perseroan terbatas yang didirikan   berdasarkan hokum di Indonesia dan berkedudukan di Jakarta.

II.02 Channel Link : Fasilitas untuk bertransaksi produk jasa ATA Club yang diberikan kepada orang yang sudah terdaftar  sebagai member di ATA Club dan telah memahami cara mengunakannya.

II.03 Member : orang  yang memenuhi syarat-syarat keanggotaan serta membayar sejumlah uang dan mendaftar  sebagai anggota kepada perusahaan untuk dapat mengakses dan bertransaksi pada Link resmi “ATA-GRASS” yang diberikan serta mempunyai hak dan kewajiban yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

II.04 Marketing System : adalah Merupakan program/sistem yang dirancang dan diterapkan oleh perusahaan sebagai rencana pemasaran (Marketing Plan) berkaitan dengan metode memperoleh imbalan terhadap bisnis ini. Dimana didalam program ini diberikan keterangan tata cara menjalani bisnis/usaha ATA Club serta tata cara penghitungan perolehan/masukan yang didapat oleh Member Channel link. Perusahaan berhak untuk menyempurnakan marketing plan sesuai perkembangan MGM demi kepentingan bersama antara Member Channel Link dan Perusahaan. Program ini merupakan bagian yang melekat dan tidak terpisahkan (integral) dari Kode Etik ini.

II.05 Up line : adalah Member Channel Link yang melakukan perekrutan dengan penuh tanggung jawab, memberikan informasi dan pelatihan cara mengunakan fasilitas Channel Link ATA Club.

II.06 Down line : adalah Member Channel Link yang direkrut atau disponsori oleh seseorang Member  Channel Link yang sesuai dengan prosedur/peraturan perekrutan.

II.07 Konsumen : adalah pembeli akhir (bukan Channel Link) dari produk-produk ATA Club dengan tujuan untuk dipakai sendiri.

II.08 Produk : adalah semua barang dan jasa, termasuk bahan bacaan dan materi pendukung dan alat bantu usaha lainnya, yang disediakan oleh dan atas nama Perusahaan yang diperjual belikan kepada member Channel Link.

II.09 Kode Etik : adalah peraturan yang merupakan ketentuan-ketentuan untuk berbisnis, dan dari waktu ke waktu dapat diubah atau direvisi oleh Perusahaan. Kode Etik ini hanya berlaku di Wilayah Indonesia.

II.10 Pelimpahan atau Hibah : adalah pengalihan hak seorang Member Channel Link kepada ahli waris yang tercantum pada saat pendaftaran.

II.11 Pesona Indonesia (PI) Support System adalah Program pendidikan Member Channel Link ATA Indonesia

II.12 Bonus : adalah sejumlah uang dan atau barang yang diberikan oleh Perusahaan kepada para Member Channel Link sesuai perhitungan Marketing Plan yang berlaku. Diberikan secara mingguan dan/atau bulanan, tergantung atas pencapaiannya masing-masing.

BAB III

MENJADI MEMBER CHANNEL LINK ATA INDONESIA

III.1.   Aplikasi : seseorang yang berminat mejadi Member Channel Link harus di sponsori  oleh seorang Member Channel Link yang sah. Calon member Channel Link wajib terlebih dahulu membaca secara seksama isi dari kode etik sebelum mengisi formulir pendaftaran. Dengan di kliknya kolom kode etik dianggap bahwa yang bersangkutan telah menyetujui segala ketentuan yang tertera dalam kode etik Member Channel Link ATA Club. Uang pendaftaran menjadi Member Channel Link tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.

III.2.   Persyaratan Menjadi  Member Channel Link :

Syarat-syarat untuk menjadi seorang Member Channel Link ATA Club adalah sebagai berikut :

2.1       Warga Negara Indonesia berusia minimal 18 tahun, berdasarkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dipunyainya, atau dokumen lain yang setara.

2.2       Dalam keadaan sehat jasmani dan rohani serta tidak sedang dicabut hak-haknya sebagai subjek hukum.

2.3       Bukan karyawan dan/atau anggota keluarga karyawan perusahaan (suami/istri/anak).

2.4       Mengerti cara mengakses komputer dan Internet.

2.5       Jika pasangan (menikah) Member bercerai, maka yang berhak atas keanggotaannya sebagai member adalah yang namanya terdaftar sebagai ahli waris dalam form data member perusahaan.

2.6       Dengan disetujuinya keanggotaan seseoarang menjadi member Channel Link, maka dengan sendirinya member yang bersangkutan terikat dengan ketentuan-ketentuan dan/atau peraturan-peraturan yang terdapat baik dalam kode etik member Channel Link maupun dalam peraturan ATA GRASS.

2.7       Sudah memahami  system  transaksi di  ATA-GRASS dan tunduk kepada peraturan-peraturan dalam transaksi ATA-GRASS.

 

BAB IV

HAK DAN KEWAJIBAN MEMBER CHANNEL LINK

 

Member Channel Link ATA Club dalam aktifitas sebagai member mempunyai hak-hak dan kewajiban-kewajiban sebagai berikut :

 

IV.1.   Hak-hak Channel Link

IV.1.1 Mendapatkan Pelayanan dalam transaksi produk  jasa  sesuai dengan yang telah ditetapkan Perusahaan .

IV.1.2 Mendapatkan bonus sesuai dengan perhitungan yang berlaku dan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

IV.1.3 Mensponsori dan mengembangkan down line dalam jumlah tidak terbatas.

IV.1.4 Mendapatkan kartu keanggotaan sebagai tanda member Channel Link ATA Indonesia.

IV.1.5 Menduduki jenjang karier dan menikmati penghasilan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

IV.1.6 Berhak menempatkan orang yang direferensi dalam jaringan sesuai yang diiginkan. Namun apabila akan ditempatkan di bawah orang/member Channel Link lain, maka harus sepengetahuan yang bersangkutan sebagai yang di mereferensi.

IV.1.7           Mendapatkan pelatihan,pembinaan dan pengarahan dari sponsor atau orang yang mengajak/mereferensi untuk menjadi member Channel Link.

IV.2.   Kewajiban-kewajiban Member Channel Link

 

2.1 Memberikan pelatihan, pembinaan dan pengarahan kepada refferal atau member yang di sponsori.

2.2 Menjaga nama baik perusahaan.

2.3 Dapat bekerja sama dengan sesama Member didalam pengembangan usaha.

2.5 Patuh dan jujur dalam tindakan yang berhubungan dengan tata tertib member dan Pesona Indonesia (PI) Support System

2.6 Memberikan informasi dan penjelasan yang baik, benar dan lengkap kepada calon Member Channel Link mengenai keuntungan dan kerugian, kelebihan dan kekurangan rencana pemasaran, kompensasi dan sistem bonus yang telah ditetapkan dan keunggulan-keunggulan produk dan layanan yang ada dalam Perusahaan.

2.7 Menjaga nama baik Perusahaan. Tidak menyiarkan hal-hal buruk menyangkut citra baik Perusahaan ATA Club.

2.8 Membantu member Channel Link dalam groupnya dan menjaga keutuhan, kebersamaan, serta keharmonisan dalam mengembangkan usaha dengan para sesama Channel Link, Leader, yang dilandasi misi dan falsafah perusahaan.

 

BAB V

KEWAJIBAN PERUSAHAAN

 

V.01           Memberikan informasi harga jual produk atau jasa.

V.02           Memberikan jaminan atas mutu dan pelayanan purna jual.

V.03           Memberikan kesempatan yang sama kepada semua Member Channel Link untuk berprestasi.      

V.04           Bonus yang diperoleh dari Member get Member  program dibayarkan secara mingguan..

V.05           Bonus yang dibayarkan mingguan, akan ditransfer mulai hari Rabu pada minggu berikutnya.

V.06           Bonus yang dibayarkan bulanan, akan ditransfer paling lambat pada tanggal 15, pada bulan berikutnya.

V.07           Biaya transfer bank adalah sebesar Rp 5.000,-(BCA) dan Rp 10.000,- (non BCA) per-kali transfer,  akan dibebankan kepada Member Channel Link  yang menerima bonus.

V.08           Masing-masing member Channel Link wajib memiliki nomor rekening Bank atas namanya sendiri untuk menerima bonus. Apabila Member Channel Link mempergunakan nomor rekening Bank yang bukan miliknya sendiri, maka semua konsekuensi dan permasalahan yang timbul di kemudian hari yang berhubungan dengan bonus, sepenuhnya menjadi resiko dan tanggung jawab member Channel Link yang bersangkutan. Perusahaan berpedoman telah memenuhi hak member serta mentransfer bonus hanya ke rekening Bank yang ada didalam database ATA Indonesia.

V.09           Untuk kemudahan dan kelancaran proses transfer bonus, maka dihimbau kepada seluruh anggota untuk mempergunakan salah satu bank berikut ini sebagai bank untuk menerima komisi, yaitu : BCA, MANDIRI, BNI, BRI, BII dan BSM

V.10           Perubahan Nomor rekening Channel Link hanya dapat dilakukan dengan syarat membuat surat permohonan perubahan rekening Bank resmi secara tertulis ke kantor pusat ATA Club ditanda tangani diatas materai Rp.6.000,- dengan disertai foto copy KTP yang masih berlaku, dan halaman depan buku tabungan serta mencantumkan nomor ID, nomor serial kartu dan nomor pin kartu member Channel Link ATA Indonesia.

BAB VI

KEANGGOTAAN, SPONSORISASI, AKTIFITAS, PRESENTASI PRODUK, NAMA DAGANG & MEREK DAGANG

 

VI.1.   KEANGGOTAAN MEMBER CHANNEL LINK

 

1.1       Uang pendaftaran keanggotaan Member Channel Link mutlak tidak dapat dikembalikan atau di uangkan dengan alasan apapun juga.

1.2      Pada dasarnya keanggotaan Channel Link adalah selamanya. Namun member Channel Link dapat berakhir keanggotaan oleh hal-hal sebagai berikut:

1.3       Member Channel Link dapat mengundurkan diri atas permintaannya sendiri dengan cara menyerahkan surat permohonan pengunduran diri kepada perusahaan, dan melampirkan salinan/kopi pemberitahuan tertulis yang telah dibuat kepada uplinenya.

1.4      Mendapat sanksi pemberhentian dari perusahaan yang mengakibatkan dicabutnya keanggotan.

1.5      Meninggal dunia. Dalam hal ini seluruh hak dan kewajibannya akan beralih kepada ahli waris yang tercantum dalam formulir pendaftaran.

1.6      Segala akibat yang timbul dari pihak ketiga, berkenaan dengan aktivitas/bisnisnya terhadap Channel Link setelah berakhirnya masa keanggotaan, sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi anggota yang bersangkutan.

 

VI.2.   SPONSORISASI

 

2.1.      Member Channel Link yang sudah memahami produk jasa dan system ATA GRASS  dan siap membina, melayani dan membantu, maka sudah dapat mensponsori  calon member.

2.2.      Setiap orang yang belum terdaftar di keanggotaan ATA Club boleh disponsori.

2.3       Kesalahan dalam penulisan nama sponsor tidak dapat diperbaiki atau dirubah walau dengan alasan apapun juga.

 

 

 

 

 

 

VI.3.   AKTIFITAS

 

3.1     Member Channel Link dilarang mempengaruhi, mengajak atau merekrut down line member Channel Link lain untuk menjadi down line nya dan didaftarkan kembali dengan ataupun tidak memakai nama yang sama.

3.2      Seorang member Channel Link dalam menjalankan bisnisnya dilarang untuk memberi kesan bahwa ada hubungan kekaryawanan dengan perusahaan kepada siapapun juga, termasuk iming-iming untuk menjadi karyawan. Dan karena sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadinya apabila timbul suatu akibat hukum disebabkan karena tindakannya itu

3.3     Channel Link tidak diperkenankan mendaftarkan diri dengan mempergunakan nama orang lain, dengan maksud untuk perpindahan garis sponsor. Member Channel Link dilarang keras mempergunakan nama ATA Club dan atau logo ATA Club untuk mengembangkan sistem didalam sistem.

3.4     Seorang Member Channel Link adalah penyalur yang mandiri, tidak mempunyai hubungan langsung dengan perusahaan, oleh karena itu seorang Member Channel Link dilarang mengatas namakan perusahaan dalam segala tindakan atau berkaitan dengan pihak lain. Apabila timbul suatu akibat hukum yang disebabkan oleh tindakan tersebut, akan menjadi tanggung jawab pribadi.

3.5     Seorang member Channel Link tidak dapat mengklaim bahwa ia mempunyai wilayah khusus dalam aktifitasnya sebagai Channel Link.

3.6     Member Channel Link tidak diperkenankan membuat pernyataan dan kesaksian, baik menyangkut produk ataupun program yang bertentangan dengan ketentuan yang berlaku.

3.7      Member Channel Link tidak diperkenankan mengiklankan produk-produk atau program perusahaan dengan menggunakan bahasa dan informasi  atau literature tertulis yang berbeda dengan yang telah diterbitkan perusahaan.

3.8      Member Channel Link dilarang terlibat dalam praktek tidak sehat dan menyalahi hukum dalam pengertian bahwa member Channel Link terlibat dalam praktek dagang yang illegal atau tidak sah secara hukum di Indonesia.

3.9      Member Channel Link berperingkat Diamond  ke atas tidak diperkenankan terlibat langsung ataupun tidak langsung dengan aktivitas perusahaan MLM lain atau perusahaan sejenis.

3.10    Member Channel Link tidak diperkenankan untuk menggunakan suatu aktifitas pertemuan ATA Club untuk kepentingan lain, seperti yang berhubungan dengan politik, SARA dan lain-lain.

3.11    Member Channel Link tidak diperkenankan untuk merubah, baik menambah ataupun mengurangi sedikitpun Marketing Plan yang sah,  yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk maksud tertentu. Dalam pengertian bahwa Channel Link dilarang menciptakan sistem selain sistem yang ada didalam ATA Club.

3.12    Member Channel Link dilarang melakukan tindakan yang dapat menimbulkan keresahan dan menyebabkan member Channel Link lain pindah atau masuk sebagai anggota MLM yang lain.

VI.4.   PRESENTASI

 

4.1.      Member Channel Link wajib menerangkan secara jujur dan lengkap produk serta program ATA Club dengan tidak memberikan sembarang jaminan atas produk serta program tersebut, kecuali resmi dari perusahaan. Member Channel Link harus menitik beratkan pada komitmen perusahaan terhadap pengawasan mutu atas produk tersebut.

4.2       Member Channel Link tidak diperkenankan membuat pernyataan dan atau kesaksian baik menyangkut produk dan ataupun program yang bertentang dengan ketentuan yang berlaku.

4.3       Apabila seorang calon member mendaftar  atas dasar adanya bahasa presentasi yang menjanjikan diluar ketentuan perusahaan, maka menjadi tangung orang yang mengajaknya.

 

VI.5.   PRODUK JASA

 

5.1       Setiap Member Channel Link wajib mematuhi peraturan yang berlaku atas produk yang dipasarkan secara On line (ATA-GRASS) Tiket pesawat, Tiket kereta api, Reservasi Hotel, PPOB dll

 

5.2       Member Channel Link menjual produk perusahaan sesuai dengan harga yang telah ditetapkan.

 

5.3       Perusahaan berhak untuk membatasi dan/atau menghentikan pembelian produk seorang Member Channel Link dan/atau kelompok member apabila diketahui/didapati adanya indikasi pencemaran nama baik perusahaan.

 

VI.6.   PENGGUNAAN NAMA DAGANG & MEREK DAGANG

6.1       Member tidak diperkenankan untuk mengunakan nama dagang dan/atau merek-merek dagang perusahaan tanpa adanya ijin tertulis terlebih dahulu dari perusahaan.

6.2       Member Channel Link tidak diperkenankan mengiklankan produk-produk dan/atau program perusahaan dengan menggunakan bahasa yang berbeda dari informasi atau literature tertulis yang diterbitkan perusahaan.

6.3       Member tidak diperkenankan menggunakan dan/atau menyebarkan segala bentuk informasi, literatur dan/atau alat bantu penjualan selain yang dikeluarkan  resmi oleh perushaan.

6.4       Pembuatan spanduk dengan nama travel individu yang tidak mempunyai izin usaha yang lengkap,  sangat dilarang keras karena menyalahi peraturan perundang-undangan pendirian perusahaan yang berlaku.

 

 

BAB VII

BERAKHIRNYA KEANGGOTAAN

 

VII.1   MENGUNDURKAN DIRI

1.1       Seorang Member Channel Link dapat mengundurkan diri dengan cara menyerahkan surat permohonan pengunduran diri kepada perusahaan, dengan melampirkan pemberitahuan tertulis kepada uplinenya.

1.2       Pengunduran diri Member Channel Link yang disebabkan karena sponsor  yang mempresentasikan atau menjanjikan diluar presentasi perusahaan, maka pengembalian Biaya pendaftaran menjadi tanggung jawab sponsor tersebut.

 

VII.2   KEMATIAN

Dalam hal Member meninggal dunia maka secara otomatis keanggotaan member Channel Link akan beralih kepada ahli waris yang tercantum dalam formulir pendaftaran.

 

VII.3   PENCABUTAN

Dalam hal diketahui/didapati adanya pelanggaran yang dilakukan Member Channel Link yang menyebabkan dicabutnya keanggotanya, maka berdasarkan surat keputusan perusahaan, perusahaan berhak mengakhiri keanggotaan member tersebut.

 

 

 

 

 

BAB VIII.

SANKSI – SANKSI

 

VIII.1  Apabila member Channel Link diketahui dan terbukti melakukan pelanggaran dan penyimpangan terhadap kode etik dan peraturan-peraturan serta ketentuan-ketentuan lain yang dikeluarkan oleh perusahaan, maka berdasarkan pertimbangannya sendiri perusahaan berhak untuk memberikan sanksi berupa :

 

1.1.     Teguran baik lisan ataupun tertulis.

1.2.     Peringatan keras hingga penskorsan kepada anggota yang bersangkutan dan membekukan semua hak-haknya tanpa syarat.

1.3.     Penghentian pembayaran Bonus, insentif tertentu dan lain-lain.

1.4.     Pencabutan keanggotaan member Channel Link dan membekukan semua hak-hak member yang bersangkutan tanpa syarat.

VIII.2. Keempat sanksi yang disebutkan pada poin VIII.1. diatas, tidak harus dikenakan secara berurutan. Apabila seorang anggota dinilai sudah melewati batas toleransi, yaitu merugikan perusahaan dan anggota lainnya, seperti pencemaran nama baik, berbuat kriminal, penipuan, pembunuhan karakter, memecah belah kesatuan tim dan atau dilaporkan oleh beberapa anggota lainnya, dan sebagainya, maka perusahaan berhak langsung mengeluarkan sanksi keempat, yaitu berupa pencabutan keanggotaan.

BAB IX

KETENTUAN – KETENTUAN LAIN

 

IX.1     Jika terjadi kelebihan atau kekurangan pembayaran (transfer) dari Channel Link kepada perusahaan akibat kelalaian member Channel Link dalam proses pembelian produk, akan diatur dalam peraturan lebih lanjut.

 

 

 

 

BAB X

PENUTUP

 

X.1.     Seluruh Member Channel Link wajib mematuhi kode etik dan peraturan kememberan ATA Club

X.2.     Ketentuan-ketentuan yang telah diatur secara spesifik dalam kode etik ini dianggap telah menggantikan ketentuan-ketentuan dalam kode etik sebelumnya.

X.3.    Kode etik ini mulai berlaku terhitung sejak 15 November 2013 sampai dengan adanya perubahan dan/atau pembaharuan selanjutnya.

X.4.     Hal-hal yang belum diatur dalam kode etik ini akan diatur lebih lanjut dalam Surat  Keputusan perusahaan. Dan apabila  terdapat kesalahan-kesalahan atau kekeliruan-kekeliruan, pihak perusahaan akan segera memperbaiki melalui Surat Keputusan perusahaan.

 

 

 

 
 
 
 
 
Rukan Graha Arteri Mas Kav. 73
Jl. Panjang No. 68, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk,
Jakarta 11520 – Indonesia
www.atacorp.co
Telepon (24 jam) :   +6221 – 29 117 123
Facsimile (24 jam) : +6221 – 29 117 120
Head Of Customer Service/Supervisor (24 jam) :
+6221-5136-1771 (ESIA)
+62811-141-369 (Telkomsel-SIMPATI)
Copyright @2010 - 2018, I.T. Department ATA CORP

Situs ini telah dikunjungi 4.649.022 kunjungan sejak 01 Juli 2010